Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ummi di SD Patra Dharma 1 Balikpapan

Authors

  • Fatimatuz Zahro Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Khaldun Balikpapan
  • Iskandar Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Khaldun Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.61166/classroom.v1i1.5

Keywords:

Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar Siswa.

Abstract

Studi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengungkap pengaruh disiplin guru terhadap motivasi belajar murid di Sekolah Dasar Patra Dharma 1 Balikpapan. Melihat pentingnya peran guru dalam pengajaran, riset ini bertujuan untuk menilai bagaimana disiplin guru berdampak pada motivasi belajar siswa. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan teknik analisis regresi linier sebagai metode utamanya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh sekelompok 32 siswa, memanfaatkan skala Likert sebagai alat ukurnya. Berdasarkan hasil tes normalitas, terlihat bahwa data terdistribusi secara normal. Uji reliabilitas, di sisi lain, memberikan nilai Cronbach's Alpha di atas 0,60 yang menandakan bahwa alat ukur penelitian ini konsisten. Dari analisis regresi linier yang dilakukan, tercatat bahwa disiplin guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai R Square sebesar 0,279. Ini berarti sekitar 27,9% variasi dalam motivasi belajar siswa dapat diatribusikan kepada tingkat disiplin guru. Uji F memperlihatkan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05, yaitu 0,002, menyatakan bahwa ada korelasi signifikan antara disiplin guru dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang ditarik menegaskan bahwa meningkatkan disiplin guru bisa menaikkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, sangat direkomendasikan bagi sekolah untuk menitikberatkan pada aspek disiplin guru sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan kemajuan belajar siswa.

References

Ahmadi, R. (2017). Pengantar pendidikan: Asas dan filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pasal 1.

Sinungan, M. (n.d.). Loc. Cit.

Sutrisno, E. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Irfan, Z. A., & Yuda, R. K. A. (2017). Persepsi mahasiswa PJKR pada matakuliah pembelajaran permainan bola voli di Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal Pedagogik Olahraga, 3(2), 1–13.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi Revisi, Cetakan 17). Bandung: Alfabeta.

Mangkunegara, A. P. (2002). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, P. A. (n.d.). [Title not provided], h.127.

Muchtar, H. J. (2007). Fikih. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asdiqoh, S. (2013). Etika profesi keguruan. Yogyakarta: Trust Media Publishing.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sriyani, L. (2011). Psikologi belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Reid, G. (2009). Memotivasi siswa di kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, Muhammad Ari Firdausi. “The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education.” Jurnal Dialogia 20, no. 1 (2022): 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533.

Fadillah, Nirhamna Hanif, Amir Reza Kusuma, dan Rofiqul Anwar Anwar. “Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah.” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6, no. 1 (9 Februari 2022): 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837.

Fadillah, Nirhamna Hanif, Amir Reza Kusuma, dan Najib Rahman Rajab al-Lakhm. “The Concept of Science in Islamic Tradition: Analytical Studies of Syed Naquib Al-Attas on Knowledge.” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam 7, no. 1 (27 Februari 2023): 25–62. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v7i1.8456.

Ihsan, Nur Hadi, Fachri Khoerudin, dan Amir Reza Kusuma. “Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme.” Journal for Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323.

Ihsan, Nur Hadi, Amir Reza Kusuma, Djaya Aji Bima Sakti, dan Alif Rahmadi. “WORLDVIEW SEBAGAI LANDASAN SAINS DAN FILSAFAT: PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM,” t.t., 31. https://doi.org/DOI: 10.28944/reflektika.v17i1.445.

Kusuma, Amir Reza. “Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 14, no. 1 (2022): 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492.

———. “Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas.” Jurnal Al-Qalb 13, no. 2 (2022). https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386.

Latief, Mohamad, Amal Fathullah Zarkasyi, dan Amir Reza Kusuma. “PROBLEM SEKULER HUBUNGAN AGAMA DAN NEGARA MENURUT ALI ABDUL RAZIQ” 7 (2022).

Latief, Mohammad, Cep Gilang Fikri Ash-Shufi, Amir Reza Kusuma, dan Fajrin Dzul Fadhlil. “Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy” 7, no. 1 (t.t.): 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095.

Mohammad Muslih, Heru Wahyudi, dan Amir Reza Kusuma. “Integrasi Ilmu dan Agama menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Ian G Barbour.” Jurnal Penelitian Medan Agama 13, no. 1 (2022): 21–35. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/.

Muhammad Syifa’urrahman dan Amir Reza Kusuma. “قضية صفات الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية.” Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat 18, no. 1 (10 Agustus 2022): 153–88. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876.

Muslih, Mohammad, Amir Reza Kusuma, Sofian Hadi, Abdul Rohman, dan Adrian Syahidu. “STATUM AGAMA DALAM SEJARAH SAINS ISLAM DAN SAINS MODERN” 6 (2021): 17. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1845.

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Fatimatuz Zahro, & Iskandar Yusuf. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ummi di SD Patra Dharma 1 Balikpapan. Classroom: Journal of Islamic Education, 1(1), 23–37. https://doi.org/10.61166/classroom.v1i1.5

Issue

Section

Articles