Analisis Pengembangan Bahan Ajar Hadist Kelas 4 SDI Al-Umm Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.61166/classroom.v1i1.1Keywords:
Development, teaching materials, hadithAbstract
Bahan pembelajaran (learning materials) merupakan seperangkat materi atau substansi pelajaran yang disusun secara runtut dan sistematis serta menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran hadist. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar al Hadist di SD Islam Al-Umm Malang yang terletak di Jl Joyo Agung no 1 Kel. Merjosari, Kec. Lowokwaru, kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi yang dirancang untuk menyediakan kerangka yang komprehensif dan mendalam terhadap analisis peneliti. Pengembangan bahan ajar hadis kelas 4 SDI Al Umm Malang cukup efektif dalam membantu siswa memahami dan menghafal hadis. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator, antara lain peningkatan kemampuan siswa dalam memahami makna dan kandungan hadis dan peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal hadis.
References
Ihsan, M. T. (2022). Model Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Hadist Serta Aktualisasinya. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 14–26. https://doi.org/10.32520/afkar.v10i1.376
La’ali Nur, A., Dewi, M., Fia, F., Sari Dian, A., & Ulya, F. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 1–8.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Ejournal.Stitpn.Ac.Id, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805
Nurhuda, A., & Setyaningtyas, N. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Ilmu Hadist di MAN 1 Boyolali saat Pandemi. Jurnal Nusantara Mengabdi, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.35912/jnm.v1i2.663
NURYANI, S. (2019). PENINGKATANPERILAKU MORAL MELALUI PEMBELAJARAN HADIST ANAK USIA 5-6 TAHUN RA DHARMA WANITA PERSATUAN KEMENAG PONTIANAK ARTIKEL. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–117. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.59
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612
Syawaluddin, F. A., Siregar, J. S., Megawati, B., & Samsir. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dalam peningkatan kemampuan melaksanakan shalat bagi siswa sekolah dasar. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol., 13(1), 39–47.
Zainuri, A. (2018). Media Pembelajaran dalam Pandangan Islam. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.19109/medinate.v14i1.2351
Zulkarnain, F., Firdaos, R., & Sada, H. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Qur’an Hadist Dengan Magic Disc Tajwid. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 265–274. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5848
Ihsan, M. T. (2022). Model Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Hadist Serta Aktualisasinya. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 14–26. https://doi.org/10.32520/afkar.v10i1.376
La’ali Nur, A., Dewi, M., Fia, F., Sari Dian, A., & Ulya, F. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 1–8.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Ejournal.Stitpn.Ac.Id, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805
Nurhuda, A., & Setyaningtyas, N. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Ilmu Hadist di MAN 1 Boyolali saat Pandemi. Jurnal Nusantara Mengabdi, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.35912/jnm.v1i2.663
NURYANI, S. (2019). PENINGKATANPERILAKU MORAL MELALUI PEMBELAJARAN HADIST ANAK USIA 5-6 TAHUN RA DHARMA WANITA PERSATUAN KEMENAG PONTIANAK ARTIKEL. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–117. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.59
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612
Syawaluddin, F. A., Siregar, J. S., Megawati, B., & Samsir. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dalam peningkatan kemampuan melaksanakan shalat bagi siswa sekolah dasar. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol., 13(1), 39–47.
Zainuri, A. (2018). Media Pembelajaran dalam Pandangan Islam. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.19109/medinate.v14i1.2351
Zulkarnain, F., Firdaos, R., & Sada, H. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Qur’an Hadist Dengan Magic Disc Tajwid. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 265–274. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5848
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Classroom: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







