Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Di MA Ahlussunnah Waljama’ah Desa Ambunten Timur

Authors

  • Fathul Rahman Universitas Al-Amien Prenduan
  • Achmad Maulidi Universitas Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.61166/classroom.v1i1.6

Keywords:

Peran Guru Aqidah Akhlak, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual

Abstract

Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual merupakan dua kecerdasan yang mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan seseorang. Kedua kecerdasan ini seringkali dikaitkan dengan pembentukan karakter, dan pengendali tingkah laku. Kecerdasan emosional dan spiritual dapat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik sehingga dapat mencapai suatu tujuan pendidikan yang lebih maksimal. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data yang melalui beberapa tahapan yaitu: Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang dilakukan yaitu kita dapat mengetahui mengenai kecerdasan secara umum kemudian juga kecerdasan yang berkaitan dengan emosional dan spiritual yang dikembangkan oleh guru Aqidah Akhlak saat proses pembelajaran.

References

Achmad Maulidi. “Hubungan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Dengan Moral Siswa Ma Nurul Huda Pakandangan Barat Kec. Bluto Kab. Sumenep.” vol.1, no. 1 (2017): 15.

———. “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Mata Pelajaran Al-Islam.” Reflektika, vol.15, no. 1 (29 May 2020): 15.

Afifah, Muru’atul, Achmad Maulidi, dan Najmi Faza. “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Parenting Di Sekolah.” jurnal pendidikan islam, vol.17, no. 1 (June 2021): 8.

Azwar, Saifuddin. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Buchari, Agustini. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’, vol.12, no. 2 (25 December 2018): 106–124.

Hasanatul Mutmainah. “Upaya Guru Pai Dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Peserta Didik Di Sman 1 Bojonegoro.” At-Tuhfah, vol.7, no. 1 (13 September 2018): 80–95.

Hasmiati. “Membangun Kecerdasan Spiritual Anak.” Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, vol.1, no. 1 (31 October 2019): 1–7.

Jaelani, Abdul Qadir dan Lailul Ilham. “Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa.” vol.13, no. 1 (April 2019).

———. “Strategi Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol.13, no. 1 (April 2019): 10.

Jumhuri, Muhammad Asroruddin Al. BELAJAR AQIDAH AHLAQ: SEBUAH ULASAN RINGKAS TENTANG ASAS TAUHID DAN AHLAQ ISLAMIYAH. 1st ed. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2019.

M. Miftah Arief. Pendidikan Pengembangan Diri Melalui Pembiasaan Optimalisasi Pendidikan Pembiasaan & Psikologi Perkembangan. 1st ed. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Mostofia dan Achmad Maulidi. “Pembentukan Karakter Religius Mahasiswi Melalui Program Kuliah Intensif Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep.” TARBAWI Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.7, no. 1 (June 2022): 46–56.

Muhammad Khoirul Afif. “Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Menurut Dr. Ary GinanjarAgustian (Kajian Terhadap Buku Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165).” Universitas Darul „Ulum Jombang, vol.7, no. 2 (Desember 2022): 260–272.

Nini Subini. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera, 2012.

Nurhasanah. “PERANAN GURU KELAS SEBAGAI PEMBIMBING PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” Universitas Syiah Kuala, vol.06, no. 1 (June 2021): 35–42.

Nuryati Djihadah. “Kecerdasan Emosional Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Madrasah, vol.05, no. 1 (Mei 2020): 1–10.

Ratnasari, Sri Langgeng, Supardi Supardi, dan Herni Widiyah Nasrul. “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan.” JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, vol.4, no. 2 (18 September 2020): 98–107.

Salsabilla, Sidqi dan Ashif Az Zafi. “Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol.7, no. 1 (2020): 35–42.

Siti Bandiah. “Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, vol.03, no. 2 (July 2020): 89–100.

Utama, Ferdian. “ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak.” Journal of Early Childhood Care and Education, vol.1, no. 1 (12 April 2018): 7–12.

Vaesol Wahyu Eka Irawan. “Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran LPPM STIB Banyuwangi, vol.1, no. 1 (February 2019): 33–47.

Wibowo, Cahyo Tri. “Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Pada Kinerja Karyawan.” Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol.15, no. 1 (10 January 2017): 1.

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Fathul Rahman, & Achmad Maulidi. (2024). Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Di MA Ahlussunnah Waljama’ah Desa Ambunten Timur. Classroom: Journal of Islamic Education, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.61166/classroom.v1i1.6

Issue

Section

Articles